Tamasya ke Kebun Raya Bogor

There’s always a first time for everything and it’s worth celebrating.

Rabu lalu, saya mengalami beberapa hal untuk pertama kalinya: pergi ke Bogor, berkunjung ke Kebun Raya Bogor, tamasya bersama teman-teman kantor hingga makan bubur ayam yang tanpa kuah. Kelihatannya memang sama sekali tidak istimewa, tetapi bukankah bahagia itu sederhana?

Karena itu, semua “pertama-pertama”yang tadi disebutkan di atas, patut untuk dirayakan! Ikuti tur singkat saya bersama teman-teman ke Kebun Raya Bogor dalam galeri foto berikut. Klik gambar paling kiri atas untuk memulai tur.

Sebenarnya, masih banyak spot yang kami kunjungi namun fotonya nggak tercantum dalam galeri di atas. Adakalanya saya terlalu asyik menikmati suasana hingga lupa motret, ketinggalan penjelasan dari pemandu, dan di lokasi-lokasi terakhir, udah capek dan laper banget jadi kehilangan minat untuk motret. Kebun Raya Bogor yang luasnya sekitar 87 hektar itu, mustahil untuk dikhatamkan dalam sekali berkunjung!

Fakta menarik seputar Kebun Raya Bogor:

  • Kebun Raya Bogor memiliki koleksi tumbuhan sejumlah 13.697 spesimen yang dikelompokkan ke dalam 3.441 jenis, 1.265 genera (marga)dan 220 keluarga.
  • Sebagai kebun raya yang memiliki tipe habitat dataran rendah basah, Kebun Raya Bogor terletak pada ketinggian 260 meter di atas permukaan laut dengan kelembaban udara 80-90 % dan curah hujan 3.000-4.300 mm/tahun.
  • Kebun Raya Bogor menjadi tempat introduksi kelapa sawit (Elaeis guinensis) dari Afrika Barat. Bibit kelapa sawit yang berasal dari KRB akhirnya menjadi induk kelapa sawit se-Asia Tenggara.
  • Koleksi andalan Kebun Raya Bogor yaitu bunga Titan Arum (Amorphophallus titanium Becc.), beragam jenis anggrek, dan teratai raksasa.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s